You are here
Merawat Diri Sendiri Langkah Bijak Ciptakan Kesehatan Sejati dan Menekan Kematian Ibu Melahirkan Artikel 

Merawat Diri Sendiri Langkah Bijak Ciptakan Kesehatan Sejati dan Menekan Kematian Ibu Melahirkan

Share Button

Keseriusan PPI dalam hal ini nampak dengan mengadakan Forum Group Discussion(FGD) di Hotel A One, Jakarta, Selasa (23/10) siang. FGD ini berlangsung 2 hari dan melibatkan berbagai pihak.

Sejumlah peserta, baik lintas kementerian hingga pakar kesehatan dihadirkan pada diskusi yang coba menelurkan sejumlah program penting untuk mengentaskan masalah yang sudah menahun ini.

Menurut Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo., M.Pd., Ketua Umum PPI, target Suistenable Development Goals (SDGs), angka kematian ibu melahirkan bisa turun sanpai 70 per 100.000 kelahiran di 2030.

Salah satu caranya, menurut Giwo Rubianto adalah membangun sinergitas dengan berbagai komponen bangsa sehingga hal-hal penting berkenaan dengan ibu melahirkan bisa disosialisasikan dengan baik.

PPI dalam hal ini sebagai lembaga dunia yang concern terhadap masalah ini akan terus mengaungkan ke berbagai pihak, baik pemerintah maupun masyarakat luas.

Salah satu penyumbang terbesar angka kematian ibu melahirkan adalah wanita penderita anemia. Disamping rentan ke si ibu, juga berdampak pada bayi yang dilahirkan. Kebanyakan bayinya mengalami gangguan komplikasi sampai stunting.

Saat ini, PPI tengah gencar mensosialisasikan pola perawatan diri sendiri yang diyakini dapat menekan kematian ibu melahirkan. “Dengan perawatan diri yang baik dan berkesinambungan, maka perempuan bisa hamil dalam kondisi yang baik pula,” kata Giwo Rubianto.

Masalah pentingnya perawatan diri sendiri sangat penting dan sejatinya harus diajarkan baik oleh para dokter, suster, dan tenaga medis lainnya.

“Perawatan diri (self care) adalah hal yang utama menuju kesehatan sejati,” seru Giwo Rubianto.

Dalam pengamatannya, banyak perempuan Indonesia kurang memperhatikan perawatan diri sendiri. Tidak harus mahal, tapi perawatan itu harus dilakukan berkesinambungan. (RN)

courtesy : http://innews.co.id/merawat-diri-sendiri-langkah-bijak-ciptakan-kesehatan-sejati-dan-menekan-kematian-ibu-melahirkan/

Share Button

Related posts

Leave a Comment