Giwo Rubianto Ajak Kaum Laki-Laki Berperan Tingkatkan Kesehatan Ibu

KBRN, Jakarta : Ketua Umum Pita Putih Indonesia Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, mengajak kaum laki-laki untuk ikut berperan dalam peningkatan kualitas kesehatan ibu dan anak. Hal ini sangat penting dilakukan, sebab akan berdampak pada menurunnya angka kematian ibu dan anak.

Menurut Giwo, laki-laki sudah bisa dilibatkan dalam menjaga kesehatan ibu dan anak sejak usia remaja. Caranya dengan terlebih dahulu mengedukasi mereka secara terus menerus mengenai kesehatan reproduksi.

“Kodrat perempuan adalah menjalani menstruasi, hamil, melahirkan, menyusui, mengasuh dan membesarkan anak. Namun dalam mengasuh dan membesarkan anak, sangat diperlukan peran ayah. Ibu dan ayah adalah guru pertama bagi janin yang dikandung sebelum dia terlahir di dunia,” kata Giwo dalam acara webinar bertajuk “Pelibatan Laki-Laki dalam Meningkatkan Kesehatan Ibu Sebagai Upaya Penurunan Angka Kematian Ibu”, Rabu (15/12/2021).

Lebih lanjut Giwo menegaskan, bahwa pendampingan yang harus dilakukan suami saat istrinya hamil diantaranya mengantar istri melakukan kunjungan pemeriksaan kehamilan ke fasilitas kesehatan, bertatap muka dengan tenaga kesehatan yang menangani, mendiskusikan mengenai pemilihan lokasi persalinan dan memilih bidan atau dokter untuk menangani persalinan dan ikut menyiapkan dana yang dibutuhkan untuk persalinan dan kebutuhan bayi setelah lahir.

“Pendampingan suami selama kehamilan atau dikenal dengan sebutan ayah siaga di mana banyak hal termasuk dukungan suami yang harus diberikan kepada istri selama kehamilan secara emosional maupun finansial,” ujarnya.

Giwo menambahkan pasca kelahiran bayi, suami juga berperan mendampingi istri dalam memberikan ASI eksklusif dan dalam pemberian makanan pendamping ASI atau MPASI agar bayi menjadi SDM yang tangguh dan berkualitas kelak.

sumber link: https://rri.co.id/jakarta/nama-peristiwa/1294192/giwo-rubianto-ajak-kaum-laki-laki-berperan-tingkatkan-kesehatan-ibu